Welcome to AGAPE Blog..Please enjoy!!

Sabtu, 16 April 2011

Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian kelas dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Identifikasi Masalah . Dilakukan pada tahap observasi awal terhadap suatu kasus atau keadaan pembelajaran di kelas.
2. Perumusan Masalah . Merumuskan apa yang sekiranya memerlukan perbaikan atau yang mungkin dikembangkan sebagai keterampilan baru dengan cara penyelesaian yang baru.
3. Perumusan Tujuan . Tujuan penelitian ditetapkan berdasarkan masalah yang dirumuskan.
4.  Penelaahan Kepustakaan atau Kajian Teori . Penelaahan kepustakaan dilakukan untuk mengetahui apakah orang lain telah mempunyai masalah yang sama atau telah mencapai tujuan seperti yang telah dirumuskan. Pada bagian ini diuraikan teori-teori yang mendukung mengapa penelitian dilakukan.
5. Perumusan HipotesisTindakan (tidak selalu ada, bisa diganti dengan pertanyaan penelitian) .
6. Penetapan Langkah-Langkah Pengambilan Data . Berupa prosedur atau teknik yang memuat hal-hal apa yang akan dilakukan untuk memperoleh data, misalnya observasi, wawancara, kuesioner, dan sekaligus menyusun instrumen yang diperlukannya.
7. Penetapan Langkah-Langkah Pengolahan Data . Berupa prosedur atau teknik yang berisi langkah apa yang akan dilakukan untuk mengolah data itu, misalnya dimulai dari pengelompokan data berdasarkan jenisnya, mengurutkannya, juga termasuk menetapkan teknik apa yang akan digunakan untuk mengolahnya. Juga, ditetapkan apakah pengolahannya secara kualitatif atau kuantitatif.
8. Pengumpulan Data . Pada tahap ini biasanya peneliti melakukan hal-hal seperti pembelajran, observasi, wawancara, atau kegiatan lainnya sesuai dengan langkah pengambilan data yang telah ditetapkan sebelumnya.
9. Pengolahan dan Penganalisisan Data . Pada tahap ini peneliti mulai mengolah data sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan pada penetapan langkah pengolahan data (bagian g di atas). Data disortir, ditabelkan, dibuat grafiknya, atau dimasukkan pada rumus-rumus, kemudian data hasil pengolahannya dianalisis, ditafsirkan, dan akhirnya disimpulkan.
10. Penulisan Laporan Penelitian . Pada tahap ini peneliti menyusun laporan penelitian dengan format yang sesuai dengan langkah-langkah penelitian yang telah ditempuh. 

Sumber: p4tkipa


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar