Welcome to AGAPE Blog..Please enjoy!!

Senin, 14 Februari 2011

Manfaat Mandi Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat mandi bagi kesehatan:

Mandi Air Hangat

1. Menurunkan Kadar Gula

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa orang dengan diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam untuk berendam di air hangat bisa menurunkan kadar gulanya sekitar 13 persen.

2. Kesehatan Jantung
Penelitian lain di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pada pria maupun wanita, serta mengurangi rasa sakit.

3. Relaksasi otot sehingga bisa membantu mengurangi kram, rasa sakit, menghilangkan sakit kepala akibat ketegangan, meningkatkan elastisitas otot dan juga membuat tubuh menjadi rileks.

Ketika mandi air hangat diikuti dengan peregangan lembut akan bermanfaat bagi sistem muskuloskeletal, sehingga membantu mempertahankan posisi otot dan mengurangi ketegangan.

Mandi Air Biasa

4. Mandi memberikan bantuan energi bagi tubuh.

Air gelombang yang jatuh ke kulit bisa mengeluarkan ion negatif dari tubuh dan menggantinya dengan ion positif yang lebih bermanfaat bagi tubuh.

5. Mandi bisa berguna sebagai detoksifikasi tubuh.

Tubuh manusia mengandung banyak racun yang berasal dari pestisida makanan atau air yang dikonsumsi. Racun ini tidak akan bisa keluar dari tubuh jika pori-pori kulit tersumbat lemak, minyak atau bahan kimia lain.

Dengan mandi, maka senyawa yang menutupi pori-pori kulit akan hilang dan racun ditubuh bisa keluar melalui keringat.

6. Mandi bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks

Pantulan air yang jatuh ke kulit bisa menimbulkan sensasi rileksasi, kondisi ini efektif untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Selain itu sebagai langkah yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan.

7. Menghilangkan Bau Badan

Rutinitas mandi secara teratur bisa mengurangi bau badan, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membunuh strain bakteri serta virus, sehingga bisa menurunkan risiko terkena pilek dan infeksi.

8. Membantu Sirkulasi Sistem Getah Bening

Meningkatkan sirkulasi sistem getah bening yang dibutuhkan dalam proses berkeringat. Hal ini membantu membersihkan sistem dari racun, serta sistem yang bertanggung jawab terhadap respons kekebalan untuk menghancurkan bakteri dan virus yang bisa membuat sakit.

9. Melancarkan Sirkulasi Darah

Meningkatkan sirkulasi darah sehingga seluruh organ tubuh bisa mendapatkan jumlah oksigen yang cukup dan jaringan yang rusak mendapatkan sel darah yang bergizi.

Selain itu sel-sel mati juga dikeluarkan dari tubuh lebih cepat dan meningkatkan kemampuan untuk tetap sehat dan energik.

10. Relaksasi Otak

Secara psikologis, mandi memberikan waktu bagi seseorang untuk bersantai dan beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Saat mandi biasanya seseorang melepaskan segala hal yang dapat mengganggu pikirannya dan membuat otak menjadi lebih rileks.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat mandi? Buat teman-teman yang jarang mandi diharapkan menjadi sadar setelah membaca artikel ini agar lebih menjaga kesehatan, yaitu dengan rajin mandi.






Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar